Pelantikan Pengurus FPPTI Wilayah Sumatera Selatan 2019-2022

Pelantikan pengurus Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Sumatera Selatan periode 2019-2022 dilaksanakan Senin 25 Maret 2019 bertempat di lt.3 gedung Pascasarjana  Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Keanggotaan FPPTI Sumatera Selatan terdiri dari Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta baik yang berada di kota Palembang maupun di Kabupaten, yang saat ini berjumlah 20 perguruan tinggi. Ketua FPPTI yang dilantik adalah Nurmalina, S.Ag.SS.M.Hum. (UIN Raden Fatah Palembang), Wakil Ketua I:  M.A. Baidowi, SE.,MM (Universitas Tridinanti Palembang) dan Wakil Ketua II : Dipl-lng.lr. Amrifan Saladin Mohruni, Ph.D (Universitas Sriwijaya), serta Sekretaris Dr. Sri Wahyu Indrawati, M. Pd (Universitas PGRI Palembang).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang yang sekaligus membuka acara ini. Dalam kata sambutannya Prof. M.Sirozi, Ph.D. menyambut baik terbentuknya forum kerjasama ini. Beliau berharap FPPTI Pusat dapat terus membantu perpustakaan PT yang ada di wilayah Sumatera Selatan untuk dapat menjalankan peran dan fungsinya  dalam menunjang Tri Dharma PT. Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara UIN Raden Fatah Palembang dengan FPPTI Pusat dan penandatanganan kerjasama antara UIN Raden Fatah Palembang dengan Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII).

Selain pelantikan dilanjutkan dengan acara Seminar Penguatan Kompetensi Pustakawan dalam Peningkatan Visibilitas Perguruan Tinggi pada tanggal 25Januari 2019. Seminar yang terselenggara berkat kerjasama dengan UIN Raden Fatah Palembang bertujuan untuk memberikan wawasan bahwa peran pustakawan dalam memiliki dan meingkatkan kompetensi yang dimiliki akan dapat menjadi bagian dalam upaya perguruan tinggi untuk meningkatkan visibilitas perguruan tinggi.

Pada saat pembukaan seminar, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Drs. H. Sirozi, MA. Ph.D , menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada UIN Raden Fatah Palembang dalam menyelenggarakan seminar sekaligus pelantikan pengurus baru FPPTI SUMSEL  2019-2022. Rektor UIN Raden Fattah Palembang juga berharap agar peran pustakawan dapat terus ditingkatkan, karena saat ini perpustakaan menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan perguruan tinggi.

Seminar yang dihadiri oleh peserta dari anggota FPPTI Sumsel saah satunya dihadiri oleh perpustakaan dan arsip Universitas PGRI Palembang dan juga peserta dari perpustakaan perguruan tinggi lainnya yang berasal dari Perguruan Tinggi negeri dan Swasta. Pembicara yang menyampaikan materi dalam seminar tersebut yaitu; Wiji Suwarno, M. Hum (Ketua FPPTI Jawa Tengah dan kepala perpustakaan UIN Salatiga), Farli Elnumeri, M. Hum (Sekjend IPI pusat),dan Imam Budi Prasetiawan, SS, M. I.Kom(Ketua FPPTI pusat). Materi yang disampaikan oleh pembicara berkaitan dengan kompetensi pustakawan yaitu tentang Corporate Social Responsibility perpustakaan, Peran pustakawan dalam membangun dan mengembangkan institutional repository, akreditasi Institusi serta peran pustakawan menjadi bagian dalam program literasi informasi di perguruan tinggi.

Setelah agenda seminar dilanjutkan dengan pelantikan pengurus baru FPPTI SUMSEL  periode 2019-2022. Pelantikan dihadiri secara langsung oleh Ketua FPPTI Pusat.  Dalam sambutannya sebagai Ketua FPPTI SUMSEL Periode 2019-2023, Dra. Nurmalina, M. Hum ( kepala perpustkaaan UIN Raden Fata Palemnag) menyampaikan garis besar program kerja yang akan dilaksanakan selama periode kepengurusannya. Program kerja yang melanjutkan sebelumnya berupa konsorsium e-journal, melaksanakan seminar dan pelatihan secara reguler. Selain itu, Ketua FPPTI Sumsel  juga mengharapkan partisipasi aktif seluruh anggota dalam memberikan masukan dan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh FPPTI Sumsel.

Pada akhir sambutannya, Ketua FPPTI Sumsel menekankan kembali sesuai motto FPPTI yaitu Networking, Sharing dan Caring, yang harus melekat pada setiap kegiatan sehingga bermanfaat bagi pengembangan perpustakaan dan pustakawan di Indonesia.

Keanggotaan FPPTI Sumatera Selatan :

  1. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
  2. Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  3. Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP),
  4. Universitas Tridinanti Palembang (UTP),
  5. Universitas PGRI Palembang,
  6. Universitas Indo Global Mandiri (UIGM),
  7. Universitas Bina Dharma,
  8. Universitas Palembang (UNPAL),
  9. Universitas IBA Palembang,
  10. Universitas Katholik Musi Charitas,
  11. Politeknik Sriwijaya (POLSRI) Palembang.
  12. Politeknik Akamigas Palembang,
  13. Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) IGM,
  14. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda (STIHPADA)
  15. Sekolah Tinggi  Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Palembang,
  16. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Siti Khodijah.
  17. Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Musi Rawas,
  18. STKIP-PGRI Lubuk Linggau,
  19. STIE Musi Rawas
  20. IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.