Hadirnya sebuah perpustakaan di sebuah perguruan tinggi tentu dimaksudkan tidak hanya untuk melayani civitas akademika universitas bersangkutan saja. Keberadaan perpustakaan juga diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan institusi lain disekitarnya. Hal inilah yang disadari betul oleh Perpustakaan Universitas PGRI Palembang ketika melakukan acara penerimaan mahasiswa PKL dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Senin (17/06/2019).

Dalam acara yang berlangsung cukup sederhana ini, dihadiri langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan, Dr. Sri Wahyu Indrawati, M.Pd. Dalam sambutannya, Kepala UPT Perpustakaan menyatakan kebahagiaannya menerima mahasiswa PKL dari UIN Raden Fatah Palembang. Beliau berharap mahasiswa mendapatkan pengetahuan lebih, bagaimana mengelola perpustakaan dengan baik serta dapat melengkapi pengetahuan yang telah mereka pelajari selama ini dibangku kuliah. Hal senada juga diungkapkan Ahmad Wahidi, S.IP., M.Pd.I selaku Dosen Pendamping Lapangan, yang berharap pihak Perpustakaan Universitas PGRI Palembang dapat memberikan bantuan dan bimbingan kepada mahasiswa, sehingga dapat mengimplementasikan teori-teori perkuliahaan selama ini.

Read more: MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG MELAKSANAKAN KEGIATAN PKL DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PGRI...

Dalam rangka menjalin hubungan silaturahim, Perpustakaan Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Kasubag Analis dan Data Pustaka serta Pelaporan, Zahrudin Hodsay, S.Pd., M.M, berkunjung ke sekolah antara lain ke SMA Negeri 1 Teluk Gelam, SMA Negeri 1 Pedamaran dan SMA Negeri 1 Madang Suku II Komering pada hari Rabu 30 Januari 2019 yang diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan SMA Negeri 1 Pedamaran Mulyadi, S.Pd., M.Si di ruang perpustakaan. 

Selain silaturahim, Universitas PGRI Palembang juga melakukan semacam perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak perpustakaan tentang layanan perpustakaan dan hibah buku. Kerjasama ini didasarkan untuk saling membantu dan saling mendapatkan manfaat bagi kedua belah pihak dalam rangka peningkatan kinerja perpustakaan masing-masing. Kerjasama ini bertujuan untuk memperluas akses, meningkatkan kualitas sumberdaya dan pemanfaatan sumber informasi ilmu pengetahuan untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Read more: MOU ANTARA UPT PERPUSTAKAAN DAN ARSIP UPGRI PALEMBANG DENGAN SMA/SMK DI OKU

Ogan ilir – Dalam rangka mengembangkan kerja sama kelembagaan, pihak UPT Perpustakaan dan Arsip UPGRIP telah menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan pihak Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudatu Ulum(STITRU. Pada Hari SABTU Tanggal 23/02/2019 Yang Dilaksanakan di Dgan Ilir.

Dalam kesempatan ini, Dr H. Bukman Lian, M.M.,M.Si selaku Rektor UPGRIP, yang diwakili Kasubag Pengolahan dan Pelaporan Zahruddi Hodsay, S. Pd., M.M,  menjelaskan bahwa tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak dalam melaksanakan kegiatan pendidikan formal/non formal, penelitian dan pengembangan bidang perpustakaan, serta hal-hal lain yang disepakati bersama.

 

Sesuai arahan dari Ketua Umum YPLP PT PGRI PROV Sumsel, Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H untuk mengembangkan perpustakaan yang Representative sebagai penyedia informasi kepustakaan bagi civitas akademi guna mendukung terlaksannya Tri Darma Perguruan Tinggi yang berwawasan Enterpreneurship

Read more: MoU Perpustakaan DAN ARSIP Universitas PGRI PALEMBANG DENGAN SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH RAUDATUL...

Pelantikan pengurus Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Sumatera Selatan periode 2019-2022 dilaksanakan Senin 25 Maret 2019 bertempat di lt.3 gedung Pascasarjana  Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Keanggotaan FPPTI Sumatera Selatan terdiri dari Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta baik yang berada di kota Palembang maupun di Kabupaten, yang saat ini berjumlah 20 perguruan tinggi. Ketua FPPTI yang dilantik adalah Nurmalina, S.Ag.SS.M.Hum. (UIN Raden Fatah Palembang), Wakil Ketua I:  M.A. Baidowi, SE.,MM (Universitas Tridinanti Palembang) dan Wakil Ketua II : Dipl-lng.lr. Amrifan Saladin Mohruni, Ph.D (Universitas Sriwijaya), serta Sekretaris Dr. Sri Wahyu Indrawati, M. Pd (Universitas PGRI Palembang).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang yang sekaligus membuka acara ini. Dalam kata sambutannya Prof. M.Sirozi, Ph.D. menyambut baik terbentuknya forum kerjasama ini. Beliau berharap FPPTI Pusat dapat terus membantu perpustakaan PT yang ada di wilayah Sumatera Selatan untuk dapat menjalankan peran dan fungsinya dalam menunjang Tri Dharma PT. Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara UIN Raden Fatah Palembang dengan FPPTI Pusat dan penandatanganan kerjasama antara UIN Raden Fatah Palembang dengan Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII).

Selain pelantikan dilanjutkan dengan acara Seminar Penguatan Kompetensi Pustakawan dalam Peningkatan Visibilitas Perguruan Tinggi pada tanggal 25Januari 2019. Seminar yang terselenggara berkat kerjasama dengan UIN Raden Fatah Palembang bertujuan untuk memberikan wawasan bahwa peran pustakawan dalam memiliki dan meingkatkan kompetensi yang dimiliki akan dapat menjadi bagian dalam upaya perguruan tinggi untuk meningkatkan visibilitas perguruan tinggi.

Read more: Pelantikan Pengurus FPPTI Wilayah Sumatera Selatan 2019-2022

Penelitian merupakan bagian tidak terpisahkan dari kegiatan utama sebuah Perguruan Tinggi dimana didalamnya termasuk pula pendidikan dan pengabdian pada masyarakat. Penelitian juga merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh civitas akademik di lingkungan kampus. Namun selama ini, penggunaan referensi berupa jurnal masih belum optimal digunakan oleh para peneliti di lingkungan kampus. Hal ini tentu disebabkan oleh banyak hal, terutama terkait minat baca serta banyaknya jurnal yang mengharuskan pembacanya untuk membayar. Hal inilah yang menjadi latar belakang kegiatan Lokakarya Jurnal Ristekdikti dengan tema "Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Database e-Jurnal Tahun 2019" dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari tanggal 17 Juli 2019 di Hotel Excelton Palembang dihadiri oleh berbagai kalangan terutama dari perpustakaan perguruan tinggi.

Perpustakaan Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu perpustakaan yang konsen terhadap peningkatan budaya literasi serta kualitas publikasi khususnya di lingkungan Universitas PGRI Palembang turut serta mengikuti kegiatan Lokakarya yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Perpustakaan Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Ibu Dr. Sri Wahyu Indrawati, M.Pd selaku Kepala UPT Perpustakaan serta Komang Kertayana selaku staff.

Read more: UPT PERPUSTAKAAN MENGIKUTI KEGIATAN LOKAKARYA OPTIMALISASI DATABASE E-JOURNAL