Penelitian merupakan bagian tidak terpisahkan dari kegiatan utama sebuah Perguruan Tinggi dimana didalamnya termasuk pula pendidikan dan pengabdian pada masyarakat. Penelitian juga merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh civitas akademik di lingkungan kampus. Namun selama ini, penggunaan referensi berupa jurnal masih belum optimal digunakan oleh para peneliti di lingkungan kampus. Hal ini tentu disebabkan oleh banyak hal, terutama terkait minat baca serta banyaknya jurnal yang mengharuskan pembacanya untuk membayar. Hal inilah yang menjadi latar belakang kegiatan Lokakarya Jurnal Ristekdikti dengan tema "Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Database e-Jurnal Tahun 2019" dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari tanggal 17 Juli 2019 di Hotel Excelton Palembang dihadiri oleh berbagai kalangan terutama dari perpustakaan perguruan tinggi.

Perpustakaan Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu perpustakaan yang konsen terhadap peningkatan budaya literasi serta kualitas publikasi khususnya di lingkungan Universitas PGRI Palembang turut serta mengikuti kegiatan Lokakarya yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Perpustakaan Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Ibu Dr. Sri Wahyu Indrawati, M.Pd selaku Kepala UPT Perpustakaan serta Komang Kertayana selaku staff.

 

Kegiatan lokakarya ini dilakukan dalam dalam beberapa sesi yang dipandu oleh tim dari kemeristekdikti. Setidaknya terdapat beberapa hal penting yang disampaikan dalam lokakarya ini yakni, Pertama, perguruan tinggi wajib memiliki Repository sebagai wadah karya ilmiah (Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi dan lainnya). Kedua, terkait manajemen referensi ilmiah, pihak perguruan tinggi dapat dengan mudah menggunakan sumber referensi yang telah disediakan secara gratis seperti, Google Scholar, Garuda, dll atau yang telah dilanggan oleh Kemeristekdikti seperti Proquest dan Ebsco. Ketiga, dalam rangka peningkatan kualitas tulisan dan untuk menghindari duplikasi serta plagiasi, maka pihak Kemenristekdikti menghimbau agar pihak perguruan tinggi dapat menerapkan perangkat-perangkat untuk meningkatkan kualitas publikasi seperti, Gramarly, iThenticate, Turnitin, Mendeley atau Zotero. 

FOTO KEGIATAN LOKAKARYA OPTIMALISASI PEMANFAATAN DATABASE E-JOURNAL TAHUN 2019